Akses Digital – Influencer Marketing & Jasa SEO Platform

Cara Install dan Membuat WordPress untuk Blog Anda

Cara Install Wordpress

Cara Install WordPress

Siapa yang tidak kenal WordPress? Di kalangan web developer, WordPress merupakan salah satu platform populer yang sering digunakan untuk membangun website.

Paling tidak, ada lebih dari 30 persen website di dunia dibangun menggunakan WordPress.

Lantas, kenapa banyak web developer yang menggunakan WordPress?

Sebelum kita lanjut pada bahasan bagaimana cara install dan membuat WordPress, mari kita bahas terlebih dulu kenapa disarankan memakai platform WordPress bagi pemula yang ingin membuat blog sendiri.

Kenapa WordPress Populer?

Alasan utama dibalik kepopuleran WordPress adalah karena kemudahan yang lengkap dengan fitur-fitur menarik yang disediakan WordPress. Platform ini berbasis Content Management System (CMS), yaitu sebuah platform yang dirancang khusus untuk mengelola konten secara mudah tanpa harus mengerti bahasa pemrograman yang rumit.

Beberapa website milik perusahaan besar bahkan menggunakan platform ini untuk membangun web bisnis. Sony Music, Mercedes Benz, The New York Times Company hingga Walt Disney merupakan sederet perusahaan yang mempercayakan WordPress sebagai sistem pembuat website mereka.

Tak hanya dirancang dengan sistem yang mudah, WordPress juga memiliki komunitas yang cukup besar di seluruh dunia. Maka tak heran jika Anda mudah menemukan berbagai konten tutorial mengenai WordPress.

Sebelum Anda mulai membangun web menggunakan WordPress, sebaiknya Anda mengenal dua jenis platform WordPress berdasarkan kepemilikan domainnya. Apa saja itu? Mari kita bahas lebih lanjut.

Jenis WordPress Berdasarkan Domainnya

Ada dua jenis platform WordPress yang bisa Anda gunakan sesuai dengan domain yang Anda inginkan. Yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Apa yang membedakan antara WordPress.com dan WordPress.org?

WordPress.com

Platform ini merupakan layanan gratis yang diberikan oleh WordPress. Jadi, ketika Anda memilih menggunakan platform ini, Anda tidak diwajibkan membeli hosting dan domain untuk membangun sebuah website.

WordPress.com bisa Anda gunakan secara Cuma-Cuma. Namun, karena diberikan secara gratis, tentu saja website yang dibangun menggunakan platform ini pun memiliki fitur yang sangat terbatas. Selain itu, domain pada website Anda akan mendapatkan nama wordpress.com dengan format “namadomainanda.wordpress.com”.

WordPress.org

Berbeda dengan WordPress.com, platform WordPress.org dirancang khusus untuk memberikan keleluasaan kepada web developer. Walaupun sebenarnya tetap gratis, namun WordPress.org bisa disebut dengan versi berbayar, karena Anda akan menggunakan nama domain sendiri saat menggunakannya.

Disebut berbayar adalah hanya karena Anda perlu membeli domain dan hosting sendiri ketika Anda menggunakan platform tipe WordPress.org.

Tak hanya itu, dengan platform ini, Anda juga bisa menentukan kapasitas website sesuai kebutuhan Anda. Platfrom ini memiliki beragam plugin yang bisa Anda gunakan saat membangun website, misalnya plugin iklan AdSense dan berbagai plugin untuk meng-install berbagai tema.

WordPress versi berbayar ini juga dibangun dengan sistem yang SEO-Friendly, sehingga memungkinkan Anda untuk meng-install berbagai plugin yang membantu performa Search Engine Optimization (SEO), seperti Yoast dan All-in-One SEO.

Cara Membangun Website Menggunakan WordPress

Ada sejumlah langkah yang harus Anda ikuti saat ingin membangun website menggunakan WordPress antara lain:

1. Menginstall WordPress

Sebelum menginstall WordPress, Anda harus memilih penyedia hosting yang memberikan fitur auto installer WordPress. Namun jangan khawatir, karena hampir semua hosting biasanya menyediakan fitur WordPress auto installer ini.

Berikut merupakan tahapan melakukan instalasi WordPress dari akun hosting:

  • Log in ke Member Area: masuk ke akun hosting Anda.
  • Pilih Menu Hosting dan Domain: klik pada menu hosting dan domain dari akun Anda.
  • Pilih Hosting: pilih provider hosting Anda.
  • Install WordPress: klik Install WordPress.
  • Proses instalasi: Setelah meng-klik install WordPress, Anda tinggal menunggu prosesnya.
  • Isi Data: masukkan data-data yang diminta provider seperti nama domain, judul website, deskripsi website, nama user untuk admin, dan password. Selanjutnya klik install, dan platform WordPress pun sudah bisa digunakan.

Bagaimana, sangat mudah kan install WordPress dengan fitur auto installer ini?

2. Mengelola Dashboard WordPress

Setelah platform WordPress berhasil terinstal, selanjutnya Anda tinggal membuka menu dashboard. Menu ini digunakan untuk mengelola website, seperti menganti tema, menambahkan halaman, menambah plug in hingga mengunggah konten.

WordPress juga memberikan kemudahan untuk mengakses dashboard nya. Untuk membuka dashboard, Anda tinggal memasukkan alamat dengan format “www.namadomainanda.com/wp-admin“.

3. Memasang Tema (Theme) WordPress

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasang tema untuk halaman website Anda. Untuk tahap ini, Anda bisa melakukannya dengan memilih menu Appearance.

Pilih tema yang tersedia pada kolom search pada menu tersebut, kemudian unduh tema yang Anda inginkan ke website melalui fitur Upload Theme.

4. Menginstall Plugin WordPress

WordPress dibangun dengan beragam fitur yang memudahkan Anda untuk mengelola website. Fitur ini termasuk beragam plug in yang bisa Anda pilih untuk mengoperasikan website Anda.

Beberapa plugin populer yang paling banyak diminati pengguna WordPress antara lain:

  • Google XML Sitemaps: Fitur ini berfungsi untuk membuat sitemap pada website. Dengan fitur ini, website ANda lebih mudah dilacak oleh crawler mesin telusur.
  • Yoast SEO: Fitur ini sangat populer di kalangan praktisi SEO. Plug In ini bahkan sudah diinstal oleh lebih dari 5 juta pengguna. Yoast SEO bisa Anda gunakan untuk memperbaiki performa konten berdasarkan syarat optimasi website yang ramah SEO.
  • Contact Form 7: Plug In ini digunakan untuk mengelola lebih dari satu kontak. Dengan fitur Contact Form 7, Anda bisa menambahkan berbagai fitur pengiriman file.

5. Memposting Artikel

Membuat blog dan memposting artikel merupakan salah satu kegiatan populer yang bisa Anda lakukan menggunakan WordPress. Karena dibangun dengan sistem CMS, WordPress memiliki fitur yang memudahkan Anda saat mengunggah berbagai artikel menarik pada website.

Untuk memposting artikel baru, Anda tinggal memilih menu Posts pada dashboard WordPress. Menu ini digunakan untuk menampilkan seluruh artikel yang pernah anda post, sekaligus memudahkan Anda saat ingin melakukan editing pada artikel Anda.

Anda bisa menambah artikel baru lewat menu ini dengan memilih New Post di toolbar bagian atas.

Setelah itu, Anda akan diajak menuju sebuah halaman posting artikel. Halaman ini sekilas mirip seperti tampilan kosong yang ada pada aplikasi Microsoft Words, lengkap dengan opti toolbar untuk memformat teks.

Setelah Anda mengisi artikel pada halaman ini, perhatikanlah menu di sebelah kanan, di sana ada menu yang berisi pilihan untuk mempublikasikan artikel atau menyimpannya sebagai draft.

Di bawah menu itu, Anda akan menemukan menu kategori. Anda bisa membuat kategori sesuai keinginan dan tema artikel yang Anda buat.

Di bawah menu tersebut ada kolom Tag, yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan tag-tag populer pada artikel Anda.

Tepat di bawahnya, ada menu Featured Image yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan ilustrasi gambar atau foto utama pada artikel yang Anda posting.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun website dengan platform WordPress. Agar artikel yang Anda posting lebih menarik, pastikan untuk menyematkan berbagai ilustrasi gambar dan grafis pada artikel.

Anda juga bisa mengoptimasi konten Artikel Anda dengan menyisipkan berbagai keywords populer bervolume tinggi.

WordPress memang dirancang khusus untuk membuat konten yang SEO friendly.

Plugin Yoast SEO yang bisa di install memudahkan Anda untuk memantau performa konten sesuai dengan syarat-syarat optimasi yang disukai oleh mesin telusur.

Selamat mencoba!

Akses Digital
Akses Digital

Akses Digital Merupakan Platform 360° Digital Marketing Campaign Dan Internet Big Data Analytics Yang Melibatkan Teknologi AI Untuk Search Engine Marketing, Video Marketing, Serta Social Media Marketing. Yang Menjadi Core Work Dari Akses Digital Adalah SEO, Digital Advertising, Dan Influencer Marketing.

Related Article

Cara Mengembangan Ide Bisnis
Bisnis

Kembangkan Ide Bisnis dengan 5 Cara Mudah Ini

Sudah menjadi rahasia umum bila pola pengembangan ide bisnis selalu memerlukan pendekatan dengan cara yang baru dan cenderung maju, mengikuti perkembangan jaman. Khususnya bagi bisnis-bisnis

Tips Blogging dan Kesalahan Pemula
Digital Marketing

Tips Blogging dan 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Pemula

Kata pemula, sering diidentifikasikan dengan berbagai ketidaktahuan, aneka macam kesalahan, yang berkaitan dengan ketidak tahuan dalam melakukan sesuatu hal tersebut. Blogger, misalnya, walaupun terlihat sepele,